Pemberdayaan Guru Lewat Forum KKG

1.1 Latar Belakang

Program Bermutu diluncurkan dengan berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk percepatan proses pembelajaran siswa. Peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan mutu pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan-kegiatan peningkatan mutu tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan. Penjaminan mutu sebagai suatu proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan agar konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan, haruslah melekat pada setiap komponen terutama guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan.

Untuk itu Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Gugus III Slateng-Sumberbulus yang merupakan salah satu kelompok KKG yang berada di Kabupaten Jember turut berbenah untuk mencapai tujuan program tersebut. KKG Gugus III Slateng-Sumberbulus mempunyai 108 anggota yang terdiri dari guru-guru dari 9 sekolah di dua desa yakni Slateng dan Sumberbulus.

Anggota KKG Gugus III Slateng-Sumberbulus rata-rata berpendidikan D2. Dari 109 anggota yang mempunyai kualifikasi S2 sebanyak 1 orang S1 sebanyak 17 orang, D2 PGSD sebanyak 87 orang dan SMA sebanyak 3 orang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa anggota KKG Gugus III Slateng-Sumberbulus masih belum memenuhi kualifikasi sebagai guru sebagaimana diamanatkan dalam UU. No 20 tahun 2003 dan PP No. 19 Tahun 2005 serta Permendiknas No. 12 Tahun 2007.

Dengan kondisi di atas kemampuan anggota KKG perlu ditingkatkan demi adanya perbaikan pembelajaran yang pada muaranya adalah tercapainya tujuan pendidikan nasional. KKG sebagai salah satu wadah organisasi profesi menjadi wahana para anggota untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga profesi pendidik. Hal ini tidaklah mudah karena banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi, beberapa masalah yang dihadapi oleh kelompok kerja ini adalah sebagai berikut:

  1. masih minimnya minat anggota untuk mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh KKG;
  2. terbatasnya sarana dan prasarana yang menunjang program KKG;
  3. terbatasnya dana untuk mengadakan pelatihan ataupun pendidikan bagi anggota KKG;
  4. masih minimnya tindak lanjut terhadap beberapa program yang telah dilaksanakan ( setelah pelatihan selesai, anggota masih menerapkan metode pembelajaran yang konvensional );
  5. anggota KKG masih belum menguasai PTK dan belum mempunyai ketrampilan ICT sehingga wawasan anggota masih sangat terbatas.

Oleh karena itu KKG Gugus III Slateng-Sumberbulus melakukan beberapa kegiatan yang tujuannya adalah memecahkan masalah yang dihadapi oleh anggota KKG baik dalam pelaksanaan tugas dalam pembelajaran ataupun yang berkaitan dengan profesioanalisme seorang guru.

Dengan memperhatikan kondisi guru di gugus saat ini dan tuntutan standar guru yang ditetapkan pemerintah, masih terdapat kesenjangan yang lebar. Dengan demikian adanya Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU merupakan solusi alternatif yang kami yakini efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja guru.

1.1 Komitmen Kelompok Kerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Guru melalui Program yang diajukan

Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya KKG mendapatkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak yang berkompeten. Hal ini dikarenakan suksesnya kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG berimplikasi bagi keberhasilan program-program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh unsur terkait di lingkungan Dinas Pendikan. Bantuan dan dukungan yang diperoleh dari Dinas Pendidikan meliputi Sarana dan Prasarana, Informasi aktual, motivasi, perizinan, dana Talangan dan sebagainya.

1.2 Tujuan

Adapun tujuan pemberdayaan guru dalam program BERMUTU ini adalah sebagai berikut:

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
  2. Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja.
  4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat KKG seperti penelitian dan pengembangan.
  6. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  7. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG.
  8. Meningkatkan kemampuan guru menggunakan ICT.

1.3 Sasaran

Pemberdayaan guru melalui Program BERMUTU memiliki sasaran kepada semua guru untuk Satuan Pendidikan SD yang berada di dua desa yakni Slateng dan Sumberbulus Kecamatan Ledokombo sebanyak 108 guru (Daftar Peserta Terlampir).

1.4 Hasil yang Diharapkan

Kegiatan Pemberdayaan Guru diharapkan dapat meningkatan kompetensi dan kinerja . Hasil yang diperoleh setelah kegiatan berupa:

  1. Semakin luasnya wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
  2. Adanya kesempatan kepada anggota kelompok kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
  3. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja.
  4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Meningkatnya budaya kerja anggota kelompok kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat KKG seperti penelitian dan pengembangan yang tercermin dari kemampuan guru melakukan penelitian tindakan kelas.
  6. Meningkatnya mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  7. Meningkatnya kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG.
  8. Meningkatnya kemampuan guru menggunakan ICT dengan indikator setiap guru dalam kelompok kerja mampu mengusai internet yang meliputi searching, browsing, email, blogging dan chatting.

1.5 Manfaat

1        Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, tercapainya target peningkatan mutu pendidikan secara kuantitatif dan kualitatif di Kabupaten Jember

2        Bagi KKG, Kegiatan KKG menjadi lebih fokus terhadap kepada perubahan paradigma aktual Pembelajaran (Konstruktivis), Penelitian (PTK, Lesson Study, Case Study) dan Pendalaman Materi (Kontekstual dan up todate) sesuai dengan Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Permendiknas No. 41 Tahun 2007

3        Bagi Sekolah. Percepatan pencapaian Standar Nasional Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah Sesuai dengan PP No 19 Tahun 2005, Kepmen 044 Tahun 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

4        Bagi Guru Meningkatnya kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru aktif kreatif inovatif efektif dan menyenangkan siswa.

5        Bagi Siswa Tercapainya Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Posted on August 5, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: