PTK

Berikut beberapa contoh PTK yang pernah dilaksanakan oleh anggota KKG Gugus 03 Ledokombo

Semoga bermanfat

PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT

UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK DAN BENTUK BENDA

SISWA KELAS IV SDN SLATENG 01 LEDOKOMBO

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Penguasaan Iptek merupakan kunci penting dalam abad 21 ini. Oleh karena itu, peserta didik perlu dipersiapkan untuk mengenal, memahami, dan menguasai Iptek dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya.  Upaya untuk mempersiapkan hal itu memang sudah dilakukan melalui pendidikan formal, sesuai dengan Undang-undang No.  2 tahun 1989. Pengantar Sains dan Teknologi pun sudah diajarkan sejak pendidikan dasar.

Persiapan sedini mungkin sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan yang secara kualitatif cenderung meningkat.  Berbagai tantangan muncul, antara lain menyangkut peningkatan kualitas hidup, pemerataan hasil pembangunan, partisipasi masyarakat, dan kemampuan untuk mengembangkan sumber daya manusia.  Pendidikan IPA sebagai bagian dari pendidikan umumnya memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya di dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menanggapi isu di masyarakat yang diakibatkan oleh dampak perkembangan IPA dan teknologi.

Dewasa ini, pembelajaran IPA masih didominasi ole penggunaan metode ceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Aktivitas siswa dapat dikatakan hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting.  Guru menjelaskan IPA hanya sebatas produk dan sedikit proses.  Salah satu penyebabnya adalah padatnya materi yang harus dibahas dan diselesaikan berdasarkan kurikulum yang berlaku.  Padahal, dalam membahas IPA tidak cukup hanya menekankan pada produk, tetapi yang lebih penting adalah proses untuk membuktikan atau mendapatkan suatu teori atau hukum.  Oleh karena itu, alat peraga/praktikum sebagai alat media pendidikan untuk menjelaskan IPA sangat diperlukan.  Pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga sangat efektif untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai limiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan YME. Tujuan IPA secara umum adalah agar siswa memahami konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan tentang alam sekitar untuk mengembangkan pengetahuan tentang proses alam sekitar, mampu menerapkan berbagai konsep IPA untuk menjelaskan gejala alam dan mampu menggunakan teknologi sederhana untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari (Depdikbud, 1994).

Salah satu cara untuk dapat menciptakan sumber daya manusia berkualitas, guru dalam mengajar dapat menggunakan beberapa metode dan pendekatan.  Dalam hal ini, pendekatan yang paling sesuai dengan perkembangan Iptek adalah pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM ), karena pendekatan ini memungkinkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menampilkan peranan Sains dan Teknologi di dalam kehidupan masyarakat.  Dengan menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA, guru dapat memulai dengan isu yang dikemukakan oleh siswa yang ada di masyarakat.

Dengan menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran  IPA siswa tidak hanya sekedar menerima informasi dari guru saja, karena dalam hal ini guru sebagai motivator dan fasilitator yang mengarahkan siswa agar dapat memberikan saran-saran berdasarkan hasil pengamatannya di masyarakat.  Misalnya siswa dapat memberikan saran-saran kepada masyarakat tentang penggunaan konsep gaya secara benar.

Menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA dengan topik gaya dapat mengubah gerak dan bentuk benda dimaksudkan agar siswa memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagai akibat ketidaktahuan dan ketidaktepatan masyarakat dalam menggunakan konsep gaya.  Untuk itu, siswa terjun langsung ke masyarakat untuk mencari informasi sebagai dasar untuk menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi masyarakat.

Atas dasar inilah maka tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan suatu model pembelajaran dengan mengunakan pendekatan STM tentang konsep gaya  yang diajarkan di kelas 4 sekolah dasar berdasarkan kurikulum KTSP.   Melalui model ini, akan dapat dilihat selain penguasaan konsep tentang gaya khususnya dan IPA pada umumnya serta kreativitas siswa dalam menerapkan konsep gaya dapat mengubah gerak dan bentuk benda dalam kehidupan sehari-hari. Dari Uraian di atas peneliti terdorong melakukan penelitian dengan judul “ Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya Dapat Mengubah Gerak dan Bentuk Benda Pada Siswa Kelas IV SDN Slateng 01 LedokomboJember”.

1.2  Rumusan Masalah

Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahanya sebagi berikut:

  1. Bagaimanakah cara meningkatkan pemahaman terhadap materi gaya dapat mengubah gerak dan bentuk benda pada siswa kelas IV SD Negeri Slateng 01 Ledokombo Kabupaten Jember ?
  2. Bagaimanakah cara menyampaikan materi gaya dapat mengubah gerak dan bentuk benda agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran?

1.3  Tujuan Perbaikan

Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Ingin mengetahui bagaimana prestasi, pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah digunakannya pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada siswa kelas IV SD Negeri Slateng 01 Ledokombo Jember
  2. Ingin mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Sains teknologi Masyarakat ( STM ) dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan tersebut pada siswa kelas IV SD Negeri Slateng 01 LedokomboJember.

1.4  Manfaat Penelitian

Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:

  1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar IPA
  2. Sumbangan pemikiran bagi guru dalam proses belajar-mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar IPA di SD Negeri Slateng 01 LedokomboJember.
  3. Menerapkan metode dan media yang tepat sesuai dengan materi pelajaran IPA.
  1. DAPAT BELAJAR, MAKASIH…IZIN MENGCOPY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: